Kamis, 20 Mei 2010

Pria 77 Tahun Berhasil Jadi Wanita Berkat Operasi Transgender

Seorang pria memutuskan untuk menjadi wanita di usianya yang sudah 77 tahun. Richard Ramsey yang kini berganti nama menjadi Renee Ramsey adalah orang tertua di dunia yang melakukan operasi transgender. 'Akhirnya saya menjadi wanita juga' adalah kata pertama yang keluar setelah operasi.

Pada bulan Juni, Richard Ramsey melakukan operasi di Lower Bucks Hospital, Bristol Township. Selesai operasi, namanya pun diubah menjadi Renee Ramsey. Kini, ramsey menjadi seorang wanita yang tinggi, kurus, dan mengenakan sweater yang biasa dipakai istrinya.

Ramsey baru memutuskan untuk menjadi wanita di usia 77 tahun karena beberapa alasan. Pertama, ketika usianya 20-30-an tahun, ia belum menyadari tentang kejanggalan pada dirinya. Kedua, pada usia 40-an tahun, ia menyadari tapi masih ragu-ragu tentang identitasnya.

Ketiga, saat usianya 50-60-an tahun, ia benar-benar yakin bahwa dirinya ingin menjadi wanita, tapi tidak bisa melakukan operasi karena masih memiliki istri. Dan akhirnya ketika istrinya meninggal dunia, tidak ada alasan lagi yang bisa menahannya untuk benar-benar menjadi seorang wanita.

"Sebenarnya keinginan saya untuk menjadi wanita sudah lama sekali,"ujar Ramsey yang merupakan seorang veteran selama 20 tahun, seperti dikutip dari The Philadelphia Inquirer, Rabu (12/11/2009).

"Sekarang hal tersulit yang harus saya lakukan adalah belajar menjadi seorang wanita. Jika saya marah, saya harus marah layaknya seorang wanita. Tapi sekarang saya merasa lebih senang dan tenang. Saya juga lebih bahagia karena dipanggil nyonya oleh semua orang," ujar Ramsey.

Menurut the National Center for Transgender Equality, diperkirakan ada sekitar 700.000 orang di Amerika yang melakukan operasi transgender. Jumlah itu tidak bisa dipastikan juga karena banyak orang di luar sana yang merahasiakan identitas sebenarnya.

Sementara itu, The American Psychological Association mengatakan, tingkat prevalensi wanita yang ingin menjadi pria lebih banyak dibanding pria yang ingin jadi wanita. Satu dari 10.000 pria ingin jadi wanita, sedangkan satu dari 30.000 wanita ingin jadi pria

"Data itu sudah lama sekali. Mungkin sekarang kecenderungannya hampir sama, bahkan lebih banyak pria yang ingin jadi wanita. Yang jelas, populasi transgender semakin meningkat dan berkembang," jelas Michael Hendricks, seorang psikolog spesialis gender.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar